Luar Biasa, Lewat Angklung Seniman Indonesia Pukau dan Bikin Merinding Warga Italia

IndonesiaHerald.com, Roma - Seniman Indonesia turut memeriahkan Festival dell'Oriente yang diselenggarakan di Kota Bari, Italia. Festival ini diselenggarakan dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2016.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (3/10/2016), seniman Indonesia membawakan beberapa lagu daerah dengan iringan angklung. Mereka tergabung dalam Rumah Angklung yang membawakan lagu antara lain, Rayuan Pulau Kelapa, Puspa Pesona (kreasi Rumah Angklung), Fratelli d'Italia (lagu kebangsaan Italia) dan Volare.

Rumah Angklung yang beranggotakan Arif (perkusi), Putri (angklung melody), Syabil (angklung bass), Anis (carumba), Yosua (bass), dan Jones (sequencer), mampu membuat para penonton yang rata-rata warga Italia terpukau. Salah seorang penonton yang menyaksikan pertunjukan Rumah Angklung berkata bahwa dirinya merinding ketika mendengar lagu karya Eduardo di Capua dan Giovanni Caprio tahun 1898 dibawakan dengan begitu sentimental.

Menurut Duta Besar RI untuk Italia August Parengkuan partisipasi Rumah Angklung dalam festival ini merupakan kerja sama antara KBRI Roma dengan Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kegiatan ini juga masuk dalam agenda KBRI di Roma dalam mempromosikan budaya Indonesia dalam Pekan Budaya Indonesia atau Settimane della Cultura Indonesiana in Italia.

Acara ini juga menampilkan berbagai macam kesenian dari beberapa negara, seperti Jepang, India, RRT, dan Mongolia. Selain menampilkan kesenian, dalam acara ini juga menampilkan pameran berbagai jenis makanan dan produk kerajinan dari berbagai negara.

Kota Bari berjarak 450 Km dari Kota Roma. Kota ini terletak di tepi laut Adriatik dan dikenal sebagai kota pelabuhan dan pendidikan. (Sumber: detik.com).

Subscribe to receive free email updates: