Anies Sindir Petahana: Membangun Peradaban Jakarta Tak Harus dengan Cara Kasar

IndonesiaHerald.com, Jakarta - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penting untuk mengembalikan keberadaban Kota Jakarta.

Anies menuturkan, membangun sesuatu yang baik harus dimulai dari yang baik pula. Kemudian, membangun yang santun juga harus dengan kesantuan.

"Karena itu, aneh kalau dikatakan Jakarta kota yang keras, karena Jakarta kota yang kasar, karena itu kita membutuhkan yang kasar, makin kasar," ujar Anies di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2016).

Anies menuturkan, hal yang kasar seharusnya juga diperbaiki dengan cara yang santun. Dia menyebut hal itu sebagai rumus yang sederhana.

"Jadinya, kalau kita ingin memperbaiki, justru harus didatangkan yang sebaliknya, dan ini rumus sederhana yang saya rasa harus dikembalikan," kata dia.

Anies mengatakan, banyak contoh pemimpin yang tegas tetapi selalu berucap dengan kata-kata yang sopan.

Contoh yang paling utama, lanjut dia, adalah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah sosok yang tegas, namun selalu menghormati sesama.

Anies menyebut di Jakarta juga banyak contoh pemimpin seperti itu.

"Hanya akhir-akhir ini rasanya kalau tidak menggunakan cara yang kasar mungkin tidak dianggap tegas. Sekarang kita ingin kembalikan Jakarta (sebagai) tempat di mana keadaban bangsa ini dijaga tinggi," ucap Anies. (Sumber: Kompas.com). 

Subscribe to receive free email updates: