Anies Brahmana, Agus Ksatria, Ahok ya Terserahlah

IndonesiaHerald.com,  Jakarta - Pengamat politik Hendri Satrio menilai karakter para bakal calon gubernur DKI sebenarnya mirip dengan klasifikasi sosial di agama Hindu alias kasta. Hanya saja, dia hanya bingung memasukkan Gubernur Basuki T Purnama alias Ahok ke kasta yang mana.

Dijelaskannya, bakal calon Gubernur Anies Baswedan memiliki karakter yang santun dan lembut. Selain itu, Anies juga memiliki latar belakang sebagai pendidik.

"Jadi Pak Anies jelas tipe Brahmana (pendeta)," kata Hendri di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/10).

Sementara bakal calon Gubernur Agus Harimurti Yudhoyono, lanjut dia, jelas masuk kategori kesatria.

Putra Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu adalah anak muda yang energik dan seorang patriot dengan latar belakang militer kuat.

Sementara untuk Ahok, Hendri mengaku bingung lantaran karakter sang petahana tak memiliki sisi positif. Dikatakannya, sebagai pemimpin Ahok kerap melontarkan kata-kata yang tidak pantas.

"Kalau Pak Ahok ya terserah lah (kasta apa)," ujarnya sambil terkekeh. 

Hendri menegaskan, tidak mau membujuk warga DKI Jakarta untuk memilih salah satu calon.

Hanya saja ia menyarankan agar warga Jakarta tidak terbuai dengan sejumlah media yang mengumbar prestasi calon petahana sementara itu memang tugasnya sebagai gubernur.

"Yang paling penting adalah kita harus bisa membedakan mana yang kewajiban dan mana yang prestasi, saya ambil contoh saja. Sekarang kan Pak Ahok mencanangkan pelebaran jalan di Sudirman dan Thamrin, saya tanya itu prestasi atau kewajiban, ya itu jelas kewajiban," tutupnya. (Sumber: jpnn.com).

Subscribe to receive free email updates: