Mengintip Presiden Jokowi Sidak Layanan Tax Amnesty di Kantor Pajak Jakbar

IndonesiaHerald.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo pagi ini mendadak datang ke Kantor Pajak Jakarta Barat. Presiden Jokowi rupanya hendak sidak pelayanan tax amnesty yang periode pertama akan berakhir pada akhir bulan ini.

Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 09.07 WIB di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Grogol Petamburan, Jalan S Parman, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Presiden Jokowi tampak didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Jokowi hadir saat kantor pajak sedang dipadati wajib pajak yang ingin mengikuti program tax amensty.



Kehadiran Jokowi memang tak diketahui sebelumnya. Situasi lalu lintas bergerak ramai lancar seperti biasa, tidak ada sterilisasi. Begitu juga tak banyak petugas polisi dan TNI yang berjaga seperti pada kunjungan resmi.

Sontak kehadiran tiba-tiba Jokowi yang masuk ke dalam kantor pajak itu mengejutkan para wajib pajak termasuk petugas pajak. Begitu menyadari kehadiran Presiden, wajib pajak spontan menoleh dan mengeluarkan kamera.

"Ada Pak Jokowi," celetuk salah seorang yang memegang map.

Jokowi langsung menuju ke meja pelayanan yang sedang melayani konsultasi wajib pajak. Tak banyak bicara, Jokowi sambil senyum-senyum memperhatikan proses pelayanan konsultasi tax amnesty.

"Pak Jokowi saya nunggu dari pukul 03.00 WIB loh.." sahut salah seorang ibu.

"Pak diundur dong sebulan saja (periode pertama)," timpal ibu lainnya.

"Kok mepet-mepet sih ikutnya," kata Jokowi.

"Ya yang penting inisiatif bayar pajaknya sudah bagus," imbuh Jokowi sambil menyalami salaman si ibu itu.

Soal permintaan periode I diundur, direspons oleh Menkeu Sri Mulyani yang menjelaskan agar setorkan saja dulu uangnya baru menyusul administrasi di periode II dengan tebusan senilai periode I.

"Ya sudah bayar dulu, nanti datang lagi untuk administrasinya. Nggak kena tiga persen," kata Sri Mulyani.

Setelah itu, Presiden dan Menkeu menuju ke lantai 3 kantor Pajak untuk melihat proses penerimaan dan tebusan tax amnesty, karena lantai I tadi untuk konsultasi dan help desk.

Salah seorang petugas pajak tampak memberi penjelasan saat Jokowi tiba-tiba menanyakan layanan di lantai III itu. Sambil sidak, Jokowi tak menolak ada wajib pajak dan petugas yang malah meminta untuk selfie. (Sumber: detik.com).

Subscribe to receive free email updates: