Tak Bisa Penuhi Kewajiban Kontrak, Rio Haryanto 'Dipecat' Tim Manor

Rio Haryanto
IndonesiaHerald.com - Rio Haryanto dipastikan urung menyelesaikan musim balap Formula 1 (F1) 2016 secara penuh. Posisi dia di Manor Racing Team digantikan oleh pebalap yunior Mercedes yang berlaga di ajang DTM 2016, Esteban Ocon.

Pergantian kursi pebalap dalam tubuh Manor terjadi setelah Rio, yang berstatus pay driver, gagal menuntaskan sisa pembayaran yang telah jatuh tempo. Rio pun akhirnya hanya bisa menjalani 11 seri balap F1 alias cuma separuh musim.

Ocon mengaku senang dengan keputusan Manor yang menunjuknya sebagai pengganti Rio. Pebalap Mercedes pada seri DTM itu mengatakan siap melakoni tugas barunya.

"Saya sangat senang akan melakukan debut balapan F1 dengan Manor Racing akhir bulan ini dan Sirkuit De Spa-Francorhamps merupakan sirkuit terbaik di negara saya," tutur Ocon yang dilansir Motorsport, Rabu (10/8/2016).

"Saya siap menjalani kenaikan kelas yang menyenangkan ini. Terima kasih kepada pengalaman yang saya dapat sebagai pebalap pengganti F1 (di tim Renault) pada musim ini," ucap Ocon.

Pebalap Prancis, Esteban Ocon, yang berstatus dipinjamkan ke tim Formula 1 (F1) Renault, tiba di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, untuk mengikuti sesi latihan terakhir GP Kanada, 11 Juni 2016.
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Renault Sport F1 dan Mercedes-Benz yang telah bekerja bersama untuk memastikan ini terjadi, dan kepada Manor Racing untuk kesempatan yang diberikan," kata pebalap asal Perancis itu.

Ocon (19) tercatat sebagai pebalap binaan tim balap Mercedes. Selain membela tim pabrikan Jerman tersebut pada DTM 2016, Ocon juga menjadi pebalap pengganti tim F1 Renault.

Sepanjang musim 2016, Ocon telah menjajal mobil F1 sebanyak empat kali. Ocon terakhir kali memacu jet darat milik Renault pada sesi latihan bebas pertama GP Jerman di Hockenheimring, 29 Juli lalu.

Manor Tawari Rio Sebagai Pembalab Cadangan

Manajemen Tim Manor Racing mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan pebalap nasional Rio Haryanto setelah yang bersangkutan tidak mampu memenuhi kewajiban kontrak.

Public Relation and Direktur Komunikasi Manor Racing Tracy Novak dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Rabu, menyebutkan, Manor Racing akan segera mengumumkan tim baru untuk Pascal Wehrlein (pebalap asal Jerman).

Manor Racing menawarkan kepada pebalap asal Solo, Jateng, sebagai driver cadangan untuk sembilan putaran tersisa dalam lomba balap mobil Formula Satu (F1).

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, Rio telah menjadi anggota tim sejak Januari ketika timnya menandatangani kontrak dengan yang bersangkutan untuk musim ini.

Menurut dia, beberapa waktu lalu, manajemennya mengindikasikan bahwa mereka mengalami kesulitan menghormati kewajiban kontrak di luar Grand Prix Hongaria.

"Tim Rio ini telah bekerja tanpa lelah untuk mencoba menyelesaikan situasi dengan pendukung Indonesia dan kami telah mendukung upaya-upaya sebisa mungkin, termasuk memungkinkan Rio untuk balapan di Jerman," katanya.

Pihaknya mencapai titik di mana untuk kepentingan terbaik dari tim, terpaksa mengeksplorasi pilihan lain untuk sisa musim ini.


"Kami sangat senang untuk melanjutkan dukungan kami untuk Formula 1 ambisi Rio, dengan menawarkan dia peran driver cadangan untuk sisa musim ini. Kami sangat berharap bahwa ia akan menerima tawaran itu," katanya. (Sumber: Kompas,com)

Subscribe to receive free email updates: