Ini Dia Pasangan Cagub-Cawagubnya Ahmad Dhani yang Pro Rakyat dan Tidak Dzalim, Jauh Lebih Baik Dari Ahok

Deklarasi 'Orang Kita' Dukung Rizal Ramli - Sandiaga Uno. Photo Antara
Indonesiaherald.com - Ahmad Dhani tidak memiliki 'harapan' lagi untuk maju bertarung menjadi Cagub atau Cawagub DKI Jakarta. Namun, perlawanan musisi ini pada Ahok yang dinilainya tidak pro rakyat dan dzalim terus dia lakukan.

Musisi ini memilih mendukung mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Pengusaha Sandiaga Uno, di Pilkada DKI Jakarta 2017 sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Hal tersebut disampaikan dalam jumpa pers di kediaman Ahmad Dhani, Jl. Pinang Mas III, Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2016).




Deklarasi dukungan tersebut melibatkan komunitas bernama "orang kita" yang teridiri dari para korban reklamasi pantai utara Jakarta.

"Orang Kita di sini mendeklarasikan Rizal Ramli dan Sandiaga Uno berpasangan untuk membela rakyat, dan tidak ada sangkut pautnya dengan pengembang," kata Dhani.

Ketika dibentuk pada Mei lalu, relawan ini menyatakan akan mendukung calon gubernur yang bisa menjadikan Jakarta yang lebih baik. Isinya, mereka yang berseberangan dengan Gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Mereka adalah tokoh-tokoh yang sempat menyatakan niatnya menjadi gubernur DKI Jakarta yaitu Ahmad Dhani, Abraham "Lulung" Lunggana, Adhyaksa Dault, Benny Mokalu, juga beberapa tokoh yang sering mengkritik Ahok.

Ahmad Dhani mengatakan, pilihan akhirnya jatuh pada Rizal Ramli karena dinilai sebagai sosok terkuat yang mampu melawan petahana.

Sebelum dilengserkan dari kabinet, Rizal terlibat adu opini dengan Ahok soal reklamasi. Atas dasar inilah Dhani percaya Rizal mampu melawan Ahok dalam Pilkada DKI 2017.

"Jangan salah, beliau tidak dipecat. Beliau tahu pemerintahan ini tidak prorakyat. Orang Kita selalu salut pada politisi yang tidak ikut dalam kekuasaan yang menurut kami zalim," ujar Dhani di kediamannya, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2016).

Adapun Sandiaga dipilih utamanya karena akan diusung oleh Gerindra. Orang Kita menyatakan hanya mendukung tokoh-tokoh yang diusung partai oposisi.

"Kami percaya Pak Sandi itu tunduk pada Bapak Prabowo, jadi saya yakin Pak Sandi Uno tidak tunduk pada teman-temannya (pengusaha), tapi tunduk sama Prabowo," ujarnya.

Dhani mengaku belum mengkomunikasikan ini ke Rizal maupun ke Sandiaga.

Sementara itu, Rizal mengaku belum kepikiran maju Pilkada DKI. Padahal, beberapa hari lalu, dia juga telah didukung oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Rizal tidak mengatakan bahwa ia tak akan maju, hanya mengisyaratkan pada akhirnya rakyat yang akan menjadi dasar keputusannya.

"Belum kepikiran," katanya singkat.

Adapun Sandiaga menyambut positif dukungan dari Orang Kita. Terkait dipasangkannya ia dengan Rizal Ramli, Sandiaga memuji pilihan Orang Kita.

"Rizal Ramli kan bekas Menko, dia senior saya jauh, dan pengalaman sangat luar biasa. Kepretannya sudah terkenal di mancanegara. Dia juga kan berpihak kepada rakyat kecil, itu yang saya suka dari Pak Rizal," ujar Sandiaga.

Idealisme Rizal yang menolak reklamasi dinilai Sandiaga sebagai bentuk perlawanan kompromi dengan kepentingan yang selama ini dianggap menghantui kebijakan.

Namun Sandi menegaskan, siapapun pasangannya akan ditentukan oleh partai pengusung. Ia tidak dalam posisi memilih atau menolak Rizal Ramli.

"Untuk komposisi pasangan calon itu domain partai berunding dengan partai. Berundingnya rutin banget? Kalau tugas saya sekarang hanya menyapa warga," ujarnya

Abaikan Hasil Survey

Terkait elektabilitas Rizal Ramli, Ahmad Dhani menilai aktivis ini tidak perlu disurvei untuk mengukur tingkat kemenangannya di Pilkada DKI tahun depan

Menurutnya, hasil survei yang dipublikasikan selama ini sangat menyesatkan karena berpihak kepada para konglomerat.

"Rizal Ramli tidak pernah disurvei, karena survei-survei itu menyesatkan, dan menguntungkan konglomerat. Dikontrak konglomerat untuk diarahkan," ujarnya ketika menggelar jumpa pers di kediamannya, Jalan Pinang Emas III, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (5/8).

Tak hanya itu, Dhani bahkan menghimbau kepada partai politik (parpol) untuk tidak memperdulikan hasil-hasil survei Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI. Sekalipun survei itu dilakukan oleh perguruan tinggi yang terkenal.

"Partai-partai lupakanlah survei. Jangan sampai partai tertipu dengan survei-survei yang tidak bertanggung jawab meskipun dari universitas yang terkenal sekalipun," tukasnya.

Lebih lanjut, pentolan grup band Dewa 19 ini menyebutkan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa hal untuk mendatangi parpol demi menyampaikan aspirasi rakyat kecil ihwal dukungan mereka terhadap Rizal-Sandiaga.  (Kompas.com/JawaPos)

Subscribe to receive free email updates: