Ingin Terbang Nyaman? Sebaiknya Anda Tidak Melakukan Kesalahan Seperti Ini di Bandara

Indonesiaherald.com, JakartaSaat bepergian naik pesawat, ada beberapa hal yang sering terlewat oleh wisatawan. Padahal, hal-hal tersebut cukup penting dan bisa membuat perjalanan semakin efektif.

Dikutip KompasTravel dari situs Smarter Travel, berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan turis saat berada di bandara.

Tidak mengunduh aplikasi maskapai/bandara

Aplikasi maskapai penting untuk booking tiket, check in online, sampai collect boarding pass. Adanya aplikasi maskapai akan menghemat waktu Anda untuk memesan tiket pesawat.

Selain maskapai, aplikasi bandara juga penting untuk diunduh. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengetahui informasi terbaru yang ada di bandara. Sebelum ke bandara, Anda bisa mengecek aplikasi ini untuk mengetahui jadwal penerbangan. Mungkin saja penerbangan Anda mengalami delay atau cancel. 

Salah satu aplikasi yang berguna adalah GateGuru. Aplikasi ini punya data dari 200 bandara di dunia, termasuk fasilitas dan daftar restoran. 

Tidak check-in online

Check-in online adalah fasilitas yang disediakan di setiap penerbangan untuk memudahkan perjalanan Anda. Anda cukup melakukan check-in melalui ponsel atau gadget, kemudian memilih bangku yang diinginkan. Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan boarding pass. Ini akan mempermudah perjalanan karena Anda tak perlu menunggu antrian check-in yang mengular.

Apabila membawa bagasi, Anda tetap bisa melakukan check-in online. Setibanya di bandara, Anda bisa langsung ke konter drop baggage. Beberapa maskapai, AirAsia misalnya, punya mesin tiket sendiri sehingga Anda bisa langsung mencetak boarding pass.

 Tidak membawa persediaan makanan

Di bandara, Anda pasti akan menemukan restoran atau minimarket. Namun bisa dipastikan, harganya berkali-kali lipat dibanding aslinya. Oleh karena itu tak ada salahnya membawa camilan praktis namun mengenyangkan.

Bawalah camilan yang praktis seperti biskuit atau snack bar. Membawa camilan sendiri juga akan sangat menolong ketika semua restoran di bandara penuh oleh penumpang.

Tidak menyimpan aksesori

Gunakan baju senyaman mungkin ketika Anda traveling naik pesawat. Simpan dulu aksesori Anda sebelum mengantre di gerbang pemeriksaan.

Saat diperiksa, Anda akan diminta melepas semua aksesori mulai dari cincin, gelang, kalung, ikat pinggang, jam tangan, sampai jaket dan topi. Untuk menghemat waktu, alangkah baiknya Anda mengenakan semua aksesori saat sudah berada di gerbang keberangkatan.

 Tidak menjaga sikap

Ketika berada di suatu tempat, jagalah sikap Anda. Seringkali saat diperiksa oleh bagian kemanan, orang tidak menunjukan sikap kooperatif. Ketika diminta untuk membuka barang bawaan, Anda harus menunjukan sikap kooperatif dengan melaksanakannya.

Apabila  membawa barang melebihi kapasitas, Anda harus membayar pajak sesuai ketentuan. Jangan melawan peraturan bandara karena itu hanya akan menempatkan Anda di posisi yang lebih rumit.

Tidak memberi tanda pada koper/bagasi

Terdapat ratusan bagasi di dalam satu penerbangan. Bukan hal yang mustahil Anda akan menemukan koper atau tas yang sama dengan penumpang lain. Hal sama juga berlaku pada oleh-oleh, yang biasa dibungkus dalam kardus ukuran sama.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menandai dengan menuliskan nama pada kardus. Anda juga bisa mengikatkan tali pita dengan warna yang seragam dengan koper lainnya. Tentunya Anda tidak mau barang-barang Anda tertukar dengan milik penumpang lainnya bukan? (Sumber: Kompas.com).

Subscribe to receive free email updates: