Dihujat di Rumah Sendiri, Kostum Kontingen Olimpiade Indonesia Tuai Pujian Dunia Sebagai Busana Terbaik

IndonesiaHerald.com - Pembukaan Olimpiade 2016 di Rio De Jenerio digelar pada Jum'at, (5/08/2016) waktu setempat atau Sabtu pagi WIB. Kontingen negara-negara peserta olimpiade dikirimkan dengan kostum terbaik mereka, tak ketinggalan kontingen asal Indonesia.

Uniknya, begitu kostum defile atau parade yang akan digunakan para atlet kontingen Indonesia diluncurkan pada Jumat (15/7/2016), Olimpiade ini mendadak sontak menjadi sorotan tajam para pengamat mode Indonesia. Mengapa?

Seragam kontingen Indonesia memadukan bentuk jas dan motif batik dengan warna dasar putih yang dikombinasi warna merah untuk lambang Garuda dan parang.
Menurut Raja Sapta Oktohari, seragam ini mencerminkan Indonesia sebagai negara yang besar dan memiliki kekayaan budaya.

Lantas, apa yang menjadi mengagetkan para pengamat mode Indonesia tentang seragam ini?

Banyak pengamat mode Indonesia sangat menyayangkan model dari seragam defile yang akan dipertontonkan sore ini pada pukul 15.00 sampai dengan 22.00 WIB. Salah satunya adalah Khairiyyah Sari, seorang style consultant, yang berhasil diwawancarai oleh tim liputan6.com pada Jumat (5/8/2016).

Baca: Gak Penting Banget? Gara-gara Kucing, Model Ini Mendunia

Seragam kontingen Indonesia yang akan ditampilkan pada acara Defile atau Parade Pembukaan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

"Sedih ya, prihatin lihatnya. Satu hal yang perlu dipertanyakan adalah atas dasar apa dan mengapa Prima Suci Ariani dipercayakan untuk membuat seragam tim Indonesia. Padahal, kan, kita punya desainer-desainer lain yang mungkin lebih berpengalaman," ujar Sari, panggilan akrab Khairiyyah Sari.

Selain menyayangkan hal ini, Sari juga membandingkan seragam kontingen Indonesia dengan negara lainnya, seperti Amerika Serikat yang dirancang oleh Ralph Lauren, Prancis oleh Lacoste, dan Swedia oleh H&M.

Tuai Pujian Internasional 

Berbeda di dalam negeri, kostum yang dipakai kontingen Indonesia pada pembukaan Olimpiade tuai banyak pujian.

Meski menuai kritik di negeri sendiri, defile kontingen dari Indonesia ternyata cukup dipuji warga dunia. Di Twitter, rombongan yang terdiri dari tujuh atlet dan beberapa orang berkostum daerah itu banyak menerima komentar positif. Diantaranya para designer kenamaan dunia.

Baca: Smartphone Keren! Oppo Luncurkan Produk Premium Terbaru, OPPO F1s

Tak sedikit netizen mengatakan jika busana Indonesia adalah yang terbaik. Apalagi Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang mengedepankan unsur kultural.

Nice work, #Indonesia! Now they're some interesting uniforms! 👍😊 #sports #fashion #OpeningCeremony #Rio2016 tulis Melanie OBrien @DrMelOB

Pujian banyak ditujukan pada tiga orang di bagian tengah yang menggunakan kostum adat. Tak sedikit pula warga dunia yang terpukau dengan headpiece atau hiasan kepala yang digunakan wanita berkebaya warna merah-emas.


Rombongan Indonesia tersebut dipimpin oleh Maria Londa untuk kompetisi lompat jauh yang membawakan bendara, lalu ada Glenn Victor dan Yessy Yosaputra untuk renang, Sudirman Hadi pada atletik, serta Deni, I Ketut Ariana, dan Triyatno untuk angkat besi. Dalam Olimpiade tahun ini, Indonesia mengirimkan total 28 atlet dari tujuh cabang olahraga. (Liputan6/Detik/IH-001

Subscribe to receive free email updates: