Begini Cara Ahok Rayu Warga agar Tanahnya Digusur dan Dijadikan Rusun

IndonesiaHerald.com, Jakarta - Pembangunan tujuh tower tambahan di Rusunawa Daan Mogot, Jakarta Barat, akan menjadi acuan bagi pembangunan rusun di lokasi lain di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Rusunawa Daan Mogot memiliki konsep seperti apartemen di negara maju.

"Kami mulai bangun 7 tower di Rusun Daan Mogot. Begitu kamu masuk, mulai ngerasain suasana kaya di negara maju," kata Basuki atau Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Konsep itulah yang akan disodorkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada warga yang tinggal di permukiman padat, misalnya seperti di kawasan Tambora.

Selain itu, Ahok memiliki cara lain untuk membujuk warga agar bersedia menjual tanahnya kepada Pemprov DKI Jakarta untuk dibangun rusun. Saat sudah terdapat rusun, warga asli akan mendapatkan sertifikat hak milik salah satu unit rusunnya.

"Mau enggak semua tanah Anda saya bongkar jadi punya DKI, terus kamu punya sertifikat hak milik, setengahnya jadi taman. Itu cara membenahi kawasan kumuh yang padat di Jakarta," ujar Ahok.

Pembangunan tujuh tower rusun sendiri akan menggunakan konsep green building, yakni bentuk pengembangan yang mengaplikasikan prinsip hemat energi, tata air terintegrasi, dan pengelolaan sampah terpadu. (Sumber: Kompas.com). 

Subscribe to receive free email updates: