Di Lombok, Pohon Keramat Ini Dipercaya Bikin Enteng Jodoh & Rezeki

Pohon keramat di makam Loang Baloq (Yudhistira/detikTravel)
Indonesia Herald, Mataram. Hari ini masyarakat Lombok tengah ziarah ke kuburan keramat Loang Baloq untuk merayakan Lebaran Topat. Uniknya, ada pohon keramat yang dipercaya memberi rezeki.


Saat ini masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat sedang menikmati Lebaran Topat. Salah satu lokasi yang cukup ramai dikunjungi saat Lebaran Topat adalah makam keramat Loang Baloq.

Yang menarik di makam keramat tersebut adalah adanya satu pohon besar dengan akarnya yang menjuntai dari atas ke bawah. Pohon ini sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun.

Biasanya para peziarah yang berkunjung ke makam menyempatkan diri untuk meminta sesuatu kepada Tuhan melalui perantara pohon ini. Seperti misalnya minta jodoh atau rezeki.

"Caranya dulu sih dengan menggantung kertas di akar-akar rumput ini. Terus kertasnya itu udah ditulis apa saja permintaannya. Sebelum diikat ke akar pohon berdoa dulu. Yah namanya juga tradisi dan kepercayaan ya," kata Kasi Produk Pariwisata Disbudpar NTB Siti Alfiah pada detikTravel di Loang Baloq, Jalan Lingkar Selatan, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (13/7/2016).

Namun menurut Alfi, saat ini pihak pengelola makam sudah membersihkan kertas-kertas yang digantung di akar pohon tersebut. "Menjurus ke sirik sih kayaknya itu. Jadi tidak ada lagi," lanjutnya.

Seperti yang detikTravel lihat langsung, saat ini di akar pohon yang menjuntai hanya terdapat bola lampu berwarna-warni bertuliskan lafaz Allah dan Muhammad. Pohon keramat ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh saat panas matahari menyengat.

Untuk masuk ke makam keramat ini, para peziarah tidak dipungut biaya. Namun disediakan kotak amal di beberapa tempat di sekitar lokasi makam. (detik/ih-1407).

Subscribe to receive free email updates: